Minggu, 28 Februari 2010

Masyarakat perkotaan dan pedesaan


KEHIDUPAN MASYARAKAT PERKOTAAN DAN MASYARAKAT PEDESAAN

Inilah potret dari kehidupan masyarakat kita, dua sisi kehidupan yang berbeda. Dimana pembangunan didaerah perkotaan jauh lebih pesat dibanding dengan masyarakat desa. Sehingga timbulah yang namanya masyarakat desa dan kota.

Masyarakat modern,sering Membedakan antara masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan. contohnya dapat kita Lihat saat kita sedang berpakaian. Perbedaan tersebut sebenarnya tidak mempunyai hubungan dengan pengertian masyarakat sederhana, karena dalam masyarakat modern, betapa pun kecilnya suatu desa, pasti ada pengaruh-pengaruh dari kota. Perbedaan masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan, kita dapat membedakannya antara masyarakat desa dan masyarakat kota yang masing-masing punya karakteristik tersendiri. Masing-masing punya sistem yang mandiri, dengan fungsi-fungsi sosial, struktur serta proses-proses sosial yang sangat berbeda, bahkan kadang-kadang dikatakan “berlawanan” pula. Perbedaan antara keduanya, kekeluargaan dan kebersamaan, tradisi adat istiadat, adanya ritual, upacara keagamaan dan nilai-nilai kebudayaan yang tinggi adalah ciri dari kehidupan masyarakat pedesaan. Sedangkan bagi masyarakat perkotaan lebih cenderung berfikit secara rasionalitas, individualisme dan modernisasi.

Pola pikir masyarakat perkotaan yang jauh lebih maju daripada masyarakat pedesaan mengakibatkan masyarakat perkotaan lebih berkembang dibanding masyarakat pedesaan. Sedangkan sistem kekeluargaan dan gotong royong menjadi nilai lebih bagi masyarakat pedesaan dibanding masyarakat perkotaan.

Menurut saya modernisasi dari masyarakat perkotaan itu penting, jika di imbangi dengan system kekeluargaan yang dimiliki masyarakat pedesaan untuk meningkatkan pembangunan yang merata pada tiap-tiap masyarakat, baik di kota maupun di desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar